Kekhawatiran Perang Dagang buat Pasar Saham Asia Melemah

Kekhawatiran perang dagang besar-besaran antara Amerika Serikat dan China melanda pasar saham Asia pagi ini. Investor pun lari ke aset safe haven seperti yen, yang mendekati puncak 16 bulanan.
Indeks Nikkei Jepang .N225 turun 0,9% ke level terendah enam bulanan di awal perdagangan, karena kekhawatiran atas penguatan yen yang menekan pendapatan ekspor. Sementara pasar saham Australia turun 0,5% ke level terendah sejak awal Oktober.

Adapun indeks MSCI, indeks terbesar dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, tergelincir 0,1% dan membukukan penurunan keempat berturut-turut.
Indeks ini menuju kerugian kuartalan pertamanya sejak akhir 2016, karena risiko kenaikan suku bunga AS lebih cepat dan momok perang dagang yang menakuti investor.

Presiden AS Donald Trump menandatangani memorandum pekan lalu yang dapat mengenakan tarif impor hingga USD60 miliar dari China, meskipun langkah-langkah tersebut memiliki periode konsultasi 30 hari sebelum diberlakukan.
China pun merespons dengan mendesak Amerika Serikat "mundur" karena ekonomi kedua terbesar dunia tersebut siap untuk melakukan perang perdagangan, dengan konsekuensi yang berpotensi mengerikan bagi ekonomi global.
Kekhawatiran Perang Dagang buat Pasar Saham Asia Melemah Kekhawatiran Perang Dagang buat Pasar Saham Asia Melemah Reviewed by dzaky on 22.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.