Roger Federer Bakal Absen di Prancis Open 2018

Keputusan yang cukup menghebohkan dikeluarkan oleh Roger Federer usai dirinya tersingkir dari ajang Miami Open 2018. Pasalnya, meski Federer kini tergusur dari peringkat satu dunia, ia tetap tak akan memaksakan diri untuk tampil di ajang Prancis Open 2018, yang mana kejuaraan tersebut berlevel grand slam.

Pada awal musim 2018, Federer sebenarnya langsung tampil menggebrak dalam kejuaraan ATP World Tour. Tercatat, ia sukses memenangkan gelar juara Australia Open 2018 pada Januari dan menjuarai Rotterdam Open 2018 satu bulan setelahnya. Tak ayal, perolehan poinnya pun langsung melampaui Rafael Nadal dan menempatkan diri sebagai petenis nomor satu dunia.

Saat mengarungi kejuaraan Indian Wells 2018 pekan lalu, Federer sebenarnya tetap tampil mengesankan. Ia sukses melaju hingga partai final. Sayangnya, di laga pamungkas peraih gelar juara grand slam 20 kali itu takluk dari petenis Argentina, Juan Martin del Potro.
Nasib kurang beruntung didapat Federer pada kejuaraan berikutnya, yakni Miami Open 2018. Saat berhadapan dengan petenis Australia,  Thanasi Kokkinakis, di babak kedua, petenis 36 tahun itu mengalami kekalahan. Perolehan poin Federer pun langsung turun drastis hingga ia kehilangan peringkat satu dunianya lantaran Kokkinakis menduduki posisi 175.

Banyak pihak menilai kalau Federer akan tampil di Prancis Open untuk memulihkan kembali peringkat satu dunianya. Ditambah lagi, Prancis Open merupakan kejuaraan berlevel grand slam. Namun demikian, Federer nyatanya telah membulatkan tekad untuk absen dalam gelaran tersebut.
Federer mengungkapkan kalau ia membutuhkan waktu untuk beristirahat. Ia pun mengakui kalau di usianya yang kini sudah tidak muda lagi, ia tidak dapat terus-menerus bertanding di turnamen besar, karena hal tersebut akan membuat kondisi fisiknya menurun dan rentan mengalami cedera.
Maka dari itu, ketimbang memaksakan diri untuk tampil yang nantinya memiliki risiko besar, Federer lebih memilih melepas turnamen tersebut agar kembali bugar pada kejuaraan-kejuaraan berikutnya. Strategi Federer tersebut sebenarnya persis dengan apa yang ia lakukan musim lalu, yakni melepas Prancis Open, tapi kemudian memenangkan Wimbledon.

“Peringkat dunia tidak memainkan peran dalam keputusan saya. Peringkat dunia tidak menjadi masalah. Saat ini sama sekali tidak penting. Penting untuk bermain di Rotterdam yang membuat saya menjadi nomor satu dunia lagi. Namun, saya ingin memenangkan lebih banyak grand slam dan kejuaraan masters. Agar siap untuk paruh kedua musim, saya nutuh istirahat dan blok latihan besar,” ungkap Federer, menukil dari Tennis World USA, Senin (26/3/2018).
Roger Federer Bakal Absen di Prancis Open 2018 Roger Federer Bakal Absen di Prancis Open 2018 Reviewed by dzaky on 22.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.