Ini 7 Siasat Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

Umumnya, pekerja kantoran akan ingin menghabiskan mayoritas waktunya dengan duduk dan menatap layar monitor sepanjang hari. Meski begitu, urgen untuk tetap mengawal kesehatan supaya tubuh tidak jarang kali fit dan bugar sampai-sampai puasa di bulan ramadan dapat berjalan dengan baik. Tenang, bekerja ketika puasa sebetulnya tidak sesulit itu, kok. Asalkan kita tahu kuncinya. Penasaran? Yuk, contek pelbagai tips puasa guna pekerja kantoran inilah ini.

Berbagai tips agar tetap motivasi bekerja ketika puasa

1. Jangan lewatkan sahur

Hal yang sangat mendasar supaya tetap bugar dan motivasi bekerja ketika puasa, yaitu dengan tidak melewatkan sahur. Sama halnya dengan sarapan pagi, sahur berperan urgen untuk menjaga keperluan energi sekitar berpuasa sampai tiba masa-masa berbuka.

Anda dapat memilih konsumsi sumber karbohidrat, laksana nasi, pasta, roti, gandum, dan oat supaya kenyang lebih lama. Sertakan pun dengan sumber protein yang mencakup telur, keju, atau daging rendah lemak guna meningkatkan kecukupan energi.

Tak lupa, imbangi dengan santap makanan yang berisi serat yang berasal dari sayur dan buah, tujuannya untuk menolong kerja sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Menjaga dan menata asupan makanan

Selama puasa, waktu santap Anda hanyalah ketika sahur dan berbuka. Hal ini menciptakan Anda mesti pandai dalam memilih makanan apa saja yang boleh dan jangan dikonsumsi pada masa-masa tersebut. Jika tidak, maka bakal memengaruhi puasa yang kita jalani.

Makan dengan porsi tidak sedikit ketika sahur tak menjamin menciptakan Anda powerful seharian bekerja ketika puasa. Mungkin Anda beranggapan bahwa dengan santap banyak, maka tubuh bakal mendapatkan tidak sedikit energi untuk memulai hari. Padahal nyatanya, terlalu tidak sedikit makan justru dapat menyebabkan rasa kantuk yang pada kesudahannya menghambat kinerja kita di kantor.

Maka usahakan, makanlah cocok dengan porsi keperluan Anda dan sertai dengan makan pelbagai jenis makanan untuk menunjang keperluan nutrisi tubuh. Dengan begitu, tubuh pun akan lebih bugar dan nyaman guna menjalani hari.

3. Penuhi keperluan cairan

Sama pentingnya dengan asupan makanan, keperluan cairan tubuh pun harus terpenuhi dengan baik sekitar puasa. Bagi itu, usahakan minum selama 8-12 gelas air putih masing-masing hari. Kebutuhan ini dapat Anda penuhi ketika berbuka sampai tiba masa-masa sahur guna mengawal tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Dengan begitu, fokus terjaga dan produktivitas kerja juga tidak menurun walau sedang menjalani puasa seharian penuh.

4. Jangan hindari sinar matahari

Berada di dalam ruangan seharian penuh, akan menciptakan Anda jarang “bertemu” matahari dan mendapat udara segar. Cobalah untuk menyediakan waktu sejenak dan terbit mencari udara segar di bawah sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari adalahsumber vitamin D alami untuk tubuh Anda, terutama saat menjalani puasa guna pekerja kantoran.

Sekedar berjalan-jalan sembari menggali udara segar, juga berfungsi untuk mendinginkan pikiran yang barangkali penat dampak pekerjaan. Tidak perlu terlampau lama, Anda melulu perlu melakukan pekerjaan ini minimal 10-15 menit saja.

5. Kelola stres dengan baik

Sebagian besar pekerja kantoran, pastinya disibukkan dengan setumpuk kegiatan yang menyita masa-masa dan pikiran. Namun, tidak boleh sampai tanggung jawab kita di kantor malah membuat kita merasa tidak nyaman sampai akhirnya menciptakan stres.

Pasalnya, menurut keterangan dari Jonathan Kramer, seorang psikolog klinis mengatakan bila stres dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan pada akhirnya menambah risiko terserang penyakit.

Tentu kita tidak hendak hal ini mengganggu puasa dan kegiatan Anda, bukan? Stres dengan pekerjaan tentu ada dan tersebut normal, tapi urgen untuk mengelola stres dengan baik supaya tidak menghambat produktivitas Anda.

Beberapa urusan ringan, seperti menyediakan waktu bareng keluarga di hari libur, menyaksikan film, membaca kitab favorit, ataupun memanjakan diri dengan mengerjakan perawatan tubuh disinyalir dapat membuat kita lebih rileks.

6. Olahraga ringan

Jangan jadikan puasa sebagai dalil Anda malas berolahraga. Duduk di kantor seharian tentunya menciptakan tubuh jarang mengerjakan pergerakan, bila tidak dipedulikan terus-menerus maka dapat mengakibatkan rasa lemas yang bakal menurunkan performa kerja.

Maka itu, Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas enteng sampai sedang sesudah berbuka puasa, maupun sesudah sahur sebelum bersiap berangkat ke kantor. Atau andai benar-benar tidak sempat, kita tetap dapat berolahraga enteng dengan menyediakan waktu guna berjalan mengarah ke kantor.

Berdasarkan keterangan dari Dawn Jackson, seorang berpengalaman gizi di American Dietetic Association, mengaku bahwa berjalan enteng tidak hanya berfungsi untuk menghanguskan kalori, namun juga dapat menghilangkan stres dan menyegarkan tubuh.

7. Istirahat yang cukup

Seperti yang telah disebut-sebut sebelumnya, terlalu tidak sedikit makan dapat membuat Anda gampang mengantuk. Namun tidak melulu itu, mengantuk sekitar puasa tidak saja disebabkan oleh porsi santap yang terlampau banyak. Melainkan sebab Anda tidak mempunyai waktu istirahat yang cukup.

Jam tidur ketika puasa tentunya akan berkurang, sebab Anda mesti bangun lebih pagi untuk santap sahur. Terlebih tidak sedikit pekerja kantoran yang mempunyai jam istirahat tidak teratur sebab tidur terlampau larut dampak menyelesaikan pekerjaan.

Padahal, tidak cukup tidur dapat memengaruhi kinerja benak sehingga bakal menghambat kegiatan Anda esok hari. Sebaiknya, hindari tidur terlampau larut untuk kebutuhan yang tidak penting. Bila masih terdapat yang masih mesti kita lakukan, seger selesaikan kegiatan tersebut lantas tidur.
Ini 7 Siasat Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa Ini 7 Siasat Agar Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa Reviewed by dzaky on 15.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.