Perkembangan Janin Minggu Ke-24 (6 Bulan)


Usia kehamilan 6 bulan merupakan usia kehamilan yang bisa dibilang usia yang cukup matang, dan janin pun bisa dikatakan sudah dewasa. Selain itu juga ibu hamil harus mengetahui bagaimana perkembangan janin dari waktu ke waktu, yang bertujuan untuk mengetahui apakah janin yang ada dalam kandungan perkembang dengan seharusnya. Janin yang memiliki berat badan yang tidak ideal sangatlah tidak bagus, karena berat badan yang kurang dari normalnya bisa mebuat di letakan di dalam inkubator. Berikut perkembangan janin minggu ke-24 (6 Bulan) yang harus anda ketahui :

1. Perkembangan Janin Minggu Ke-24 (6 Bulan)

Usia kehamilan 6 bulan merupakan kehamilan yang janinya sudah mendekati atau membentuk manusia yang sempurna, sebab perkembangan panca inderanya yang sudah terbentuk saat usianya memasuki 5 bulan dan sekarang kini usianya memasuki 6 bulan semakin berkembang secara sempurna. Berikut perkembangan janin minggu ke-24 (6 bulan) :
  • Kulit janin yang saat usia 5 bulan sudah terlihat transparan dan sangat lembut, saat usianya memasuki usia 6 bulan kini sudah mulai terlihat lebih tebal dan tentunya tentunya jaringan kulitnya belum terlihat sempurna.
  • Indera matanya pun lebih berkembang dengan sempurna dibandingkan dengan sebelumnya, retina mata sang janin sudah mulai terbentuk denga sempurna meskipun janin belum bisa melihat sensitifitas terhadap cahaya meningkat tajam.
  • Janin sudah mulai terbentuk aliran paru-parunya dan di dalam paru-parunya sudah bisa menghasilkan surfactant. Surfactant merupakan cairan yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya lengket antara paru-paru satu dengan paru-paru yang lainnya.
  • Kepala janin sudah normal dan menyerupai janin yang siap untuk dilahirkan ke dunia, dan jam tidur bayi sidah mulai sedikit demi sedikit berkurang dan juga pergerakan bayi lebih aktif.
  • Janin sudah bisa mengingat suara ayah atau ibunya
  • Syaraf di sekitar mulut dan juga di sekitar bibir terlihat sensitif


2. Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil

Saat memasuki uisa kandungan 6 bulan, ibu hamil akan membutuhkan tenaga yang ekstra, dan juga ibu hamil akan mengalami pembesaran rahim. Ya, hal itu juga dikarenakan perkembangan janin 6 bulan akan mengisi bagian uteri ibu hamil.
Demikian ulasan singkat mengenai perkembangan janin di usia 56 bulan, dan semoga bermanfaat bagi anda khususnya bagi para ibu hamil. Akhir kata cukup sekian dan terimakasih.




Perkembangan Janin Minggu Ke-24 (6 Bulan) Perkembangan Janin Minggu Ke-24 (6 Bulan) Reviewed by dzaky on 15.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.