Apa yang mengakibatkan kram sesudah haid?


Kram yang berlangsung sesudah haid biasanya tidak membahayakan. Meskipun begitu, kram yang berjalan lebih lama dari siklus haid atau memunculkan ngilu berkelanjutan bisa mengisyaratkan situasi tersebut. 

1. OvulasiOvulasi adalah satu diantara sisi dari siklus menstruasi, yaitu saat ovarium (indung telur) melepas sel telur untuk dibuahi. Pemicu tentu kram waktu ovulasi tidak didapati, tetapi beberapa teori mengatakan peluang dikarenakan waktu folikel merekang sebelum melepas sel telur atau waktu folikel pecah saat melepas sel telur. Kram karena ovulasi umumnya berlangsung sebab pada satu diantara bagian badan saat beberapa waktu sampai beberapa waktu, lalu akan lebih baik dengan sendirinya. 

2. EndometriosisEndometriosis berlangsung bila beberapa sel pada susunan dinding rahim berkembang dibagian luar rahim. Mengakibatkan, Anda mungkin alami kram sebelum, saat, serta sesudah waktu haid. Tanda-tanda yang lain bisa berbentuk: 

  • ngilu saat atau setelah melakukan hubungan intim 
  • perdarahan berlebihan waktu Anda haid atau diantara siklus haid 
  • ngilu waktu buang air kecil atau buang air besar 
  • sembelit atau diare 
  • mual serta kembung 

3. Kehamilan Kram sesudah haid dapat mengisyaratkan jika Anda tengah hamil. Ditambah lagi jika Anda pun alami tanda-tanda lainnya seperti payudara jadi membesar, seringkali buang air kecil, dan ada bercak darah pada saat haid. 

Perasaan ngilu pada awal kehamilan umumnya berbentuk mudah serta cuma sesaat. Tetapi, perasaan ngilu yang kronis di ruang panggul dibarengi perdarahan abnormal dapat jadi tanda-tanda dari hamil anggur. Situasi ini berlangsung saat sel telur yang dibuahi tumbuh di luar rahim. 

4. Kista ovariumSebagian besar kista ovarium umumnya akan menghilang dengan sendirinya. Namun, perkembangan kista dapat mengakibatkan perdarahan serta kram sesudah haid. Kadang, beberapa orang akan rasakan ngilu pada panggul serta sisi bawah perut. 

Kista ovarium yang memiliki ukuran besar dapat membuat ruang panggul Anda berasa berat serta memunculkan sensasi kembung. Bila ini berasa mengganggu, Anda bisa memperiksakan-diri ke dokter untuk memperoleh perlakuan yang pas. 

5. Fibroid rahimFibroid ialah semacam tumor yang bisa tumbuh di rahim. Anda tak perlu cemas, karena fibroid bukan jaringan yang berbentuk ganas seperti kanker. 

Perkembangan fibroid pada rahim umumnya tidak memunculkan tanda-tanda apapun. Namun, ada juga beberapa orang yang mungkin alami tanda-tanda seperti kram sesudah haid, haid tidak teratur, seringkali buang air kecil, dan sembelit. 

Bagaimanakah cara menangani kram sesudah haid?

Ngilu yang muncul waktu Anda alami kram bisa mengganggu pekerjaan keseharian. Namun, Anda sekarang bisa menanganinya sendiri dengan melakukan perbaikan pola hidup misalnya: 

  • konsumsi makanan bergizi seimbang serta memenuhi keperluan cairan harian 
  • batasi mengkonsumsi alkohol, cafein, makanan tinggi lemak, serta makanan tinggi garam 
  • berlatih mengurus depresi dengan baik 
  • seringkali olahraga untuk memperlancar skema peredaran darah 

Waktu kram menyerang, Anda dapat memakai kompres hangat di ruang perut atau memijat perut dengan lembut. Bila cara itu gagal atau Anda mencemaskan terdapatnya situasi lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penyembuhan yang sesuai dengan. 

Apa yang mengakibatkan kram sesudah haid? Apa yang mengakibatkan kram sesudah haid? Reviewed by dzaky on 21.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.