Bundah Harus Tahu, Inilah 5 Manfaat Imunisasi pada Anak

Bundah-Harus-Tahu-Inilah-5-Manfaat-Imunisasi-pada-Anak

Bagi orang tua, mengusahakan yang terbaik untuk masa depan anak-anaknya adalah sebuah keharusan. Terutama memastikan bahwa anaknya tumbuh dengan sehat. Sebab kesehatan adalah kebutuhan dasar bagi seorang manusia untuk hidup. Salah satu fase yang terpenting adalah fase anak-anak. Sebab fase anak-anak inilah dimana pemberian sistem imun terhadap berbagai penyakit yang dikenal dengan imunisasi

Manfaat Imunisasi 

Berikut ini jenis-jenis vaksin yang diberikan kepada anak beserta manfaatnya. Vaksin ini wajib diberikan kepada anak pada usia-usia tertentu. Namun jangan khawatir karena pemberian vaksin ini bersifat gratis dan bisa dilakukan di puskesmas atau posyandu terdekat dengan tempat tinggal Anda. 

1. Vaksin Campak 

Pemberian vaksin campak mulai diberikan pada saat anak usia 9 bulan. Vaksin ini diberikan untuk menghindari penyakit campak. Pemberian vaksin campak pada anak bertujuan untuk mengurangi potensi terkena penyakit ini pada anak. 

2. Vaksin BCG 

Bacillus Calmette-Guerin atau BCG merupakan vaksin yang diberikan pada anak yang baru lahir atau sebelum berumur 3 bulan. Vaksin ini merupakan vaksin yang wajib diberikan pada anak untuk mencegah penyakit TBC atau Tuberculosis. 

3. Vaksin Polio 

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dalam saluran pencernaan dan tenggorokan yang dapat mengakibatkan kelumpuhan kaki, tangan, maupun lumpuhnya otot pernafasan hingga menyebabkan kematian. Vaksin polio diberikan kepada anak sebanyak 4 kali sebelum berumur 6 bulan. 

Vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit lumpuh layu atau yang lebih dikenal dengan polio. Vaksin polio ini terdapat 2 jenis, vaksin yang berisi virus polio tidak aktif yang disuntikkan kedalam tubuh dan vaksin yang berisi virus polio yang sudah dilemahkan yang diberikan lewat mulut. 

4. Vaksin Hepatitis B 

Vaksin ini diberikan untuk mencegah penularan virus hepatitis B saat proses persalinan dari ibu ke anak. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali dan pertama kali diberikan pertama kali pada saat anak baru pertama kali lahir. Imunisasi ini bertujuan untuk mencegah penyakit hepatitis B pada anak. 

5. Vaksin Pentavalen (DPT-HB-Hib) 

Vaksin ini diberikan sebanyak 4 kali pada anak yaitu pada usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan dan 18 bulan. Vaksin ini merupakan vaksin dengan enam kekebalan sekaligus sekali suntik. Vaksin pentavalen ini merupakan vaksin wajib yang mampu mencegah enam penyakit sekaligus seperti Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Pneumonia dan Meningitis. 

Pada dasarnya, kerja vaksin ini seperti menyuntikkan virus ke dalam tubuh. Virus yang masuk ke dalam tubuh tersebut adalah salah satu cara untuk merangsang antibodi sehingga ketika ada virus sejenis yang menyerang maka tubuh sudah mampu melawan virus tersebut. 

Vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh bukan berarti dapat menangkal penyakit yang menyerang. Namun, vaksin ini meminimalkan potensi terjadinya penyakit dan gejalanya pun lebih ringan dibanding tidak menyuntikkan vaksin sama sekali. 

Vaksin pada anak hal wajib yang harus dilakukan orang tua sedini mungkin untuk menghindarkan anak dari penyakit menular dan berbahaya lainnya. Hal ini juga sebagai upaya untuk menghindarkan berbagai penyakit berbahaya yang mungkin ditularkan ke orang lain. Hal ini juga meminimalkan resiko kecacatan bahkan kematian yang bisa saja terjadi selama proses pertumbuhan dan perkembangannya. 

Memberikan Imunisasi pada anak merupakan investasi kesehatan jangka panjang yang bisa diusahakan sedini mungkin oleh orang tua dalam membentengi anak-anaknya dari bahaya berbagai virus penyakit yang mudah menyerang. 
Bundah Harus Tahu, Inilah 5 Manfaat Imunisasi pada Anak Bundah Harus Tahu, Inilah 5 Manfaat Imunisasi pada Anak Reviewed by dzaky on 19.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.