Jangan Sampai Lupa Ganti Oli Gardan Motor Matik


Pemilik motor matik biasanya biasa dengan perawatan ubah oli mesin. Tetapi tidak biasa atau bahkan juga seringkali lupa untuk ubah oli transmisi atau gardan. 

Walau sebenarnya pada buku dasar servis, terpampang jeda pergantian oli gardan dua sampai empat ribu km sekali. Tetapi celakanya, banyak yang lepas masalah perawatan yang satu ini. 

Walau remeh, lupa atau jarang ubah oli gardan nyatanya dapat berefek jelek pada skema penggerak motor matik. 

Juki, punggawa bengkel spesialis motor matik R59 Matic Shop menjelaskan, karena lupa ubah oli gardan dapat memunculkan bunyi keras yang mengganggu pengendaraan pada putaran mesin tinggi. 

"Dampaknya sebetulnya remeh sich, hanya muncul bunyi, tetapi kan ganggu cocok jalan jadinya. Bunyinya itu dari gir rasio yang sudah kemakan," membuka Juki. 

Ya, sambung Juki, oli gardan yang telah lama tidak ditukar akan kotor serta tingkat kekentalannya menyusut, hingga tidak dapat melumasi gesekan antar gir yang ada di skema transmisi motor. 

Mengakibatkan, style gesek akan makin besar serta sesuai dengan penggunaan gir yang bergesekan dengan terus-terusan akan mengikis geriginya. 

"Itu bunyinya dari gir rasio, kan modulnya sudah beda dari standard selalu kemakan dikarenakan kegesek selalu," imbuhnya . 

Karena itu Juki menyarankan buat pemilik motor matik supaya jangan pernah lupa ganti oli gardan dengan periodik. Jika memang perlu teratur atau bertepatan dengan ubah oli. 

"Sebetulnya tidak harus cepet alternatifnya, minimum 3 atau 4 bulan sekali ubah, hanya jika situasi hujan selalu libas banjir, itu harus cepet-cepet ditukar, soalnya air dapat masuk, oli jadi cair, gesekannya semakin gede nanti," tutur pria yang aktif di team balap Honda. 

Pergantian oli gardan ini relatif dapat dijangkau, satu tube oli gardan di bengkel-bengkel pinggir umumnya di jual dari mulai Rp 18 beberapa ribu. 

Mengenai langkah penggantiannya cukuplah gampang serta dapat dikerjakan di dalam rumah. Sediakan kunci cocok nomer 12, lalu membuka baut yang ada paling bawah gardan serta biarlah oli gardan sisa keluar. 

Sesudahnya tutup serta membuka baut yang berada di atasnya, lalu masukan oli gardan lewat ujung tube lalu tekan kemasannya. Jika telah, tutup kembali bautnya. 

"Remeh kan, hanya keluar uang Rp 18 ribu doang, gir rasio jika sudah kemakan harus ubah, mahal satu setnya dapat Rp 375 beberapa ribu," tutup Juki.
Jangan Sampai Lupa Ganti Oli Gardan Motor Matik Jangan Sampai Lupa Ganti Oli Gardan Motor Matik Reviewed by dzaky on 17.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.