Jenis Olahraga Untuk Penderita Epilepsi


Tuturnya, beberapa pasien tidak bisa olahraga atau beraktivitas fisik yang begitu berat. Ini diakui dapat membuat kejang alias ayan penderitanya kambuh. Walau sebenarnya, terdapat beberapa faedah berolahraga untuk pasien epilepsi. Lantas, apa ya type berolahraga yang pas serta aman untuk pengidap epilepsi? 

Berenang 

Berenang sebetulnya bisa dikerjakan oleh pasien epilepsi. Meskipun tanda-tanda kejang bisa dikendalikan, Anda mungkin memerlukan saran keamanan waktu lakukan type berolahraga di air ini. Berikut panduan keamanannya. 

  • Janganlah berenang sendirian 
  • Yakinkan orang yang bersama dengan Anda tahu penyakit epilepsi yang terkena. 
  • Bila masih tetap muncul perasaan cemas, gunakan pelampung untuk berjaga-jaga. 
  • Jauhi kondisi kolam yang demikian ramai. Di kuatirkan bila Anda alami kejang, tidak begitu tampak. 

Yoga 

Type berolahraga ini begitu berguna untuk beberapa pasien epilepsi. Yoga diakui bisa menolong badan menyamakan pikiran serta badan. Namun, yoga mempunyai banyak type pergerakan. 

Nah, buat beberapa pasien epilepsi dianjurkan tidak untuk lakukan pranayama (mengendalikan napas) atau trataka (konsentrasi pada objek meditasi). Pergerakan itu di kuatirkan dapat menyebabkan kejang. 

Sepak bola 

Biasanya, berolahraga sepak bola aman untuk pasien epilepsi. Meskipun kesempatan untuk cedera lumayan besar, badan akan jadi bugar bila berolahraga ini dikerjakan dengan teratur. Akhirnya, badan yang bugar malah bisa mencgah kambuhnya epilepsi. Namun, butuh dilihat beberapa saran tersebut sebelum bermain sepak bola. 

  • Berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter 
  • Pakai tetap pelindung yang direferensikan saat olahraga 
  • Pikirkan bila Anda tidak diduga alami kejang saat bermain sepak bola, apa yang akan berlangsung? 

Lari serta jogging

Bila Anda suka olahraga dengan lari serta jogging, prhatikan banyak hal tersebut agar kejang tidak kambuh: 

  • Jauhi lari di pinggir sungai atau danau. Bila Anda alami kejang, di kuatirkan bisa tercebur serta terbenam. 
  • Mengambil jalan dengan penerangan yang cukuplah serta tentu saja bebas dari kendaraan. 
  • Disarankan untuk lari serta jogging didampingi dengan seorang. Atau paling tidak membawa hp agar bisa mengontak seorang bila alami kejang. 

Bersepeda 

Buat beberapa pasien epilepsi, berolahraga dengan bersepeda disarankan untuk menggunakan pengaman yang komplet. Type berolahraga ini tentu saja dapat membuat Anda terluka bila tidak menggunakan pengaman serta alami kejang pada saat yang bertepatan. 

Oleh karenanya, coba untuk hindari jalanan yang ramai, pinggir sungai, atau jalanan umum yang ramai. Diluar itu, bersepeda di trotoar tidak disarankan buat pasien epilepsi berusia diatas 10 tahun.
Jenis Olahraga Untuk Penderita Epilepsi Jenis Olahraga Untuk Penderita Epilepsi Reviewed by dzaky on 01.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.