5 Mainan yang Cocok untuk Anak Usia 3-5 Tahun

5-Mainan-yang-Cocok-untuk-Anak-Usia-3-5-Tahun

Anak-anak memang suka sekali bermain. Bahkan bermain merupakan bagian dari kehidupan anak-anak sejak usia 1 tahun. Setiap hari ia bermain untuk meningkatkan aktivitas motorik dan mengembangkan kreativitas. Usia 3 tahun adalah masa yang tepat untuk mengenalkan permainan yang melatih emosi anak. Maka dari itu, Anda harus memberikan squishy sebagai mainan yang cocok untuk anak usia 3 tahun. 

Mainan Anak Usia 3-5 Tahun 

Pada usia 3 tahun anak-anak sudah bisa diajak berkomunikasi dan mulai mengerti cara menyelesaikan masalah yang sederhana. Dengan memanfaatkan keadaan ini, Anda bisa memberikannya mainan yang merangsang daya analisis pada anak. Seperti beberapa permainan yang mengenalkan bentuk dan warna serta melatih kesabaran anak. 

Memberikan permainan dengan benda fisik dan nyata seperti squishy akan mengembangkan kreativitas anak. Berbeda dengan permainan pada smartphone, permainan tersebut cenderung tidak bisa dipegang sehingga membuat anak tidak bisa bereksplorasi dan memecahkan masalah secara nyata. Maka dari itu, berikan mainan yang mampu memunculkan ide kreatif anak. 

Dengan memberikan mainan yang tepat, Anda bisa mengasah kreativitas anak sedari kecil. Adapun mainan yang direkomendasikan untuk anak-anak usia 3 sampai 5 tahun yang akan diuraikan di bawah ini. 

1. Mobil-mobilan 

Mobil-mobilan dicap sebagai mainan untuk anak laki-laki. Apabila ada anak perempuan yang menyukainya sebaiknya Anda jangan melarangnya, karena mainan sejatinya tidak mengenal jenis kelamin. Dalam hal ini, mobil-mobilan berfungsi mengasah kemampuan motorik anak karena mobil bisa digerakan dan disusun. Selain itu, mobil-mobilan dapat menjadi sarana anak untuk berimajinasi. 

2. Boneka atau Figur Karakter Tertentu 

Anak usia 3 tahun disarankan sudah mulai mengikuti narasi-narasi. Anda bisa menggunakan boneka atau squishy dengan figur dan karakter tertentu sebagai salah satu medianya. Figur yang dimunculkan tidak selalu nama orang, bisa juga menggunakan nama-nama binatang, mobil, kereta, dan lain sebagainya. Disarankan untuk menggunakan squishy karena bisa dijadikan alat berimajinasi dan dijadikan tokoh dalam bercerita. 

3. Alat Musik Mainan 

Alat musik mainan sangat bermanfaat untuk merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Di mana anak dituntut menghasilkan suara atau musik yang bagus dan enak didengar. Secara tidak langsung anak sedang berusaha menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. 

Dalam hal ini, maklumi saja kalau anak Anda menghasilkan nada yang kurang enak didengar. Ya, namanya masih anak-anak yang perlu banyak belajar dan berlatih. Maka dari itu, sebagai orang tua harus pandai memberikan mainan yang tepat untuk perkembangan si anak. 

4. Sepeda atau Skuter 

Usia 3 tahun bisa dikatakan merupakan waktu yang pas untuk melatih anak mengenali lingkungan disekitarnya. Caranya dengan memberikannya sepeda atau skuter roda tiga. Selain melatih fisik dan motorik, anak bisa mengeksplorasi benda-benda yang berada di lingkungannya. 

Untuk hal ini, berikan sepeda atau skuter dengan bahan yang ringan agar anak tidak kecapean ketika mengayuh. Karena bisa mengakibatkan menurunnya daya fokus anak ketika berusaha mengasah kemampuan psikologisnya. 

5. Mainan Balok 

Mainan balok bisa melatih kreativitas anak dalam membentuk atau membangun sesuatu dengan balok-balok tersebut. Hal ini tentu berkaitan dengan peningkatan motorik serta proses berimajinasi anak. Apalagi kalau Anda menginginkan anak dengan kecerdasan yang luar biasa. Memilih mainan yang berkarakter seperti squishy dan mainan balok merupakan pilihan yang tepat. 

Demikianlah mainan yang cocok untuk anak usia 3-5 tahun. Semua mainan di atas bermanfaat dalam hal perkembangan psikologis anak. Apalagi mainan squishy yang mengenalkan berbagai warna dan karakter serta bermanfaat menghilangkan stress ketika anak memainkannya.
5 Mainan yang Cocok untuk Anak Usia 3-5 Tahun 5 Mainan yang Cocok untuk Anak Usia 3-5 Tahun Reviewed by dzaky on 18.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.