5 Tips Berkendara Aman Saat Malam Hari


Menyetir kendaraan saat malam hari tidak dapat disepelekan. Butuh persiapan serta bekal yang serius saat akan lakukan perjalanan di saat-saat itu. 

Tidak hanya kemampuan berkendara yang bagus, badan pengemudi diminta selalu untuk waspada. Rintangannya ialah capek, kantuk, serta visibilitas, ditambah lagi waktu lewat jalan yang pencahayaannya kurang. 

Berdasar pada data yang dipunyai Korlantas Polri, keseluruhan kecelakaan yang berlangsung pada situasi sinar yang redup serta gelap pada 2018 sampai 21.655 insiden. 

Memang angka itu alami penurunan 3,2 % dibandingkan pada 2017, yang sampai 22.387 insiden. Namun saja masih butuh di turunkan jumlahnya kecelakaannya sampai 0. 

Seakan sama pendapat, begitu utamanya keselamatan berkendara terutamanya pada situasi sinar yang redup serta gelap.

1. Jauhi Berkendara Waktu Capek 

Memang dengan jam biologis, saat malam hari telah jadi saatnya badan untuk istiraha. Jadi hal yang paling diprioritaskan saat berkendara pada malam hari ialah masalah kesehatan badan. 

Berikut beberapa trick untuk membantu masih terbangun. 

  • Beristirahat atau tidur yang berkualitas serta cukup sebelum pergi 
  • Jauhi berkendara lebih dari 8 jam sekaligus juga 
  • Beristirahat setiap 2 jam sekali 
  • Bila mengantuk, janganlah paksakan serta selekasnya parkirkan mobil dalam tempat aman, serta tidur minimum 15 menit 
  • Minumlah yang cukup serta mengonsumsi cemilan yang tambah energi. 

2. Arif dengan Kecepatan serta Mengatur Jarak Berhenti 

Tidak mengebut atau kurangi kecepatan, dan memberi jarak lebih panjang pada kendaraan di muka, penting waktu kita berkendara pada malam hari. Lalu 90 % dari reaksi pengemudi tergantung pada pandangan. 

Pasalnya depth perception (potensi mata untuk mengetahui suatu berbentuk tiga dimensi & penilaian pada jarak satu objek), pengenalan warna, serta peripheral vision (pandangan seorang di sekitar benda penting yang dia lihat atau pandangan tidak hanya dari pandangan konsentrasi) akan terusik sesudah gelap. 

3. Menjaga Kebersikan Kaca-kaca 

Saat berkendara saat malam hari telah jadi kegiatan rutin, janganlah lupa buat membersihkan lampu depan, lampu belakang, lampu sein, jendela serta cermin paling tidak satu minggu sekali, atau seringkali bila dibutuhkan. 

Kaca depan yang banyak guratan atau garis-garis dapat mebuat silau saat malam hari. Jauhi menyentuh permukaan sisi dalam kaca depan, jendela samping, atau cermin dengan tangan dengan cara langsung. 

Pasalnya minyak kulit kita akan mengotorinya, serta sinar di luar atau dari dalam dapat buat silau. 

4. Pakai Kacamata Anti-Reflektif 

Jika memakai kacamata, pilih yang bisa tingkatkan visibilitas. Direferensikan gunakan lensa kacamata sesuai dengan referensi dokter yang mempunyai susunan anti-reflektif. Susunan ini bisa menahan sinar penambahan yang tak perlu. 

5. Redupkan Lampu Tanda/Speedometer serta Lampu Dasbor 

Bila kendaraan Anda mempunyai feature dimmer switch, redupkan lampu dashboard serta instrumen mobil. Sebab sinar jelas dari lampu LED dasbor serta monitor infotainment dapat ganggu konsentrasi mata. 

Meredupkan lampu dashboard bisa hilangkan pantulan sinar di kaca depan, serta sangat mungkin mata sesuaikan pandangan saat mengemudi dalam kondisi gelap. 

Lalu, penerangan pada interior yang lain seperti lampu kabin (dome light) dapat mengubah perhatian pengemudi, jadi hal yang paling baik untuk dikerjakan ialah mematikan lampu-lampu itu saat mengemudi.
5 Tips Berkendara Aman Saat Malam Hari 5 Tips Berkendara Aman Saat Malam Hari Reviewed by dzaky on 05.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.