Mengintip 4 Ritual Terkenal di Labuan Bajo yang Menawarkan Sensasi Wisata Berbeda

Mengintip-4-Ritual-Terkenal-di-Labuan-Bajo-yang-Menawarkan-Sensasi-Wisata-Berbeda

Selain menikmati pesona keindahan alam, mencari tahu lebih dalam mengenai adat istiadat dan kebudayaan setempat juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan di suatu daerah. Tidak terkecuali Labuan Bajo. 

Terkenal dengan suguhan alamnya yang eksotis, Labuan Bajo ternyata juga menyimpan beragam adat atau ritual unik yang sayang untuk dilewatkan. Jika ingin mendapatkan sensasi yang berbeda ketika berkunjung ke Labuan Bajo, sempatkan waktu untuk menyaksikan tradisi budaya masyarakat setempat berikut. 

1. Tradisi Kepok 

Tradisi Kepok (Sumber: sesambate.blogspot.com) 

Tradisi Kepok merupakan sebuah upacara penyambutan yang dilakukan oleh warga Manggarai untuk menyambut wisatawan atau tamu-tamu penting yang berkunjung ke wilayahnya. 

Dalam acara ini, para tetua adat akan menyiapkan ayam jantan berwarna putih atau merah serta moke (minuman khas Pulau Flores yang terbuat dari tanaman siwalan dan enau) yang disimpan dalam buah labu besar (tawu). Setelah ritual selesai dilaksanakan, selanjutnya para tetua yang mengenakan pakaian adat berupa songke, destar, serta kemeja putih akan berdiri di Dermaga Loh Liang untuk menyambut para tamu yang datang. 

2. Ritual Kapu Agu Naka 

Tradisi unik lainnya yang masih dilakukan oleh masyarakat Manggarai hingga saat ini adalah ritual Kapu Agu Naka. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat Manggarai sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur mereka yang telah berjasa memberikan keturunan yang terus berkembang biak di Kampung Paang Lembor ataupun yang berdomisili di luar kampung tersebut. 

Konon, leluhur masyarakat Manggarai yang bernama Empo Tok dulu memohon agar keturunannya berkembang dengan baik. Ia bersumpah bahwa sebagai wujud syukur dan terima kasih keturunannya akan menggelar upacara Kapu Agu Naka menggunakan kerbau berwarna belang-belang. 

Namun karena besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menggelar upacara yang satu ini, masyarakat biasanya menunda sampai semua keperluan acara bisa terpenuhi. 

3. Tradisi Rumusmoso 

Tradisi Rumusmoso adalah sebuah tradisi pembagian tanah ulayat masyarakat Labuan Bajo. Umumnya, pembagian tanah akan diprioritaskan bagi para petinggi atau tetua serta keluarganya. Setelah itu, tanah baru dibagikan ke warga setempat dan warga dari suku lain. 

Khusus untuk warga suku lain yang ingin mendapat bagian, mereka harus membawa satu ekor ayam jantan serta tuak atau arak. Selanjutnya, akan diselenggarakan sidang dewan kampung dengan Tu’a Golo sebagai pemimpin sidang dan Tu’a Keno (ketua adat) yang bertugas untuk mengesahkan. 

4. Festival Komodo 

 Festival Komodo (Sumber: nitastory.blogspot.com)

Selain upacara adat di atas, pemerintah Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur juga rutin mengadakan Festival Komodo untuk menarik para wisatawan. Tahun 2018 lalu, Festival ini diadakan pada tanggal 5 – 10 Maret di lapangan Kampung Ujug, Labuan Bajo. 

Dalam festival ini, ada banyak kesenian daerah yang akan dibawakan oleh beragam kelompok paguyuban. Tak hanya dari Manggarai, kesenian yang ditampilkan pun juga ada yang berasal dari Flores Timur, Ponorogo, Makassar, Bima, dan masih banyak lagi. 

Selain pertunjukan seni, atraksi lain yang selalu menyedot perhatian pengunjung dalam festival ini adalah parade Patung Komodo yang diarak dari kantor Bupati Manggarai hingga tempat acara berlangsung. Festival pun semakin semarak karena penyelenggara juga menggelar acara-acara lain seperti lomba voli pantai, fotografi, perahu dayung, pertunjukan musik, hingga pameran kerajinan tangan. 

Itulah beberapa adat atau ritual terkenal yang menawarkan sensasi wisata berbeda di Labuan Bajo. Soal tiket pesawat, Anda tidak perlu khawatir karena Airy siap membantu Anda mendapat tiket pesawat online dengan penawaran harga terbaik. Dengan proses pemesanan yang mudah dan praktis, Airy juga menyediakan fitur refund dan reschedule yang bisa Anda manfaatkan jika ingin membatalkan atau menjadwal ulang perjalanan.
Mengintip 4 Ritual Terkenal di Labuan Bajo yang Menawarkan Sensasi Wisata Berbeda Mengintip 4 Ritual Terkenal di Labuan Bajo yang Menawarkan Sensasi Wisata Berbeda Reviewed by dzaky on 06.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.