Mudahnya Cek IMEI Smartphone, Berikut Caranya


Pemakai gadget terutamanya smartphone harus tahu jika setiap piranti diperlengkapi dengan IMEI (International Mobile Equipment Identity). Seperti namanya, kode itu ialah jati diri unik dari piranti HP dengan internasional. 

Nomer IMEI diberi oleh GSMA (Global Sistem for Mobile Communications Association) jadi instansi internasional yang mewadahi operator telekomunikasi di penjuru dunia, pada pabrikan-pabrikan piranti seluler. 

Manfaatnya ialah jadi kode produksi yang memperbedakan satu piranti dengan piranti yang lain hingga tidak ada satupun piranti yang mempunyai imei yang sama. Kode produksi itu bermanfaat jadi tanda untuk tahu apa smartphone yang Anda beli asli atau palsu. 

Penelusuran IMEI harus dikerjakan saat Anda akan beli smartphone. Oleh karenanya, Anda harus lakukan pembelian gadget dengan off line supaya dapat memperbedakan smartphone asli serta yang palsu. 

Untuk Mencari Smartphone Curian 

IMEI adalah sisi penting dalam tiap smartphone. Tetapi, sedikit orang mengerti begitu utamanya kehadiran IMEI ini. Tidak hanya dipakai untuk memperbedakan smartphone asli atau palsu, IMEI berguna juga untuk menangani pencuri yang ambil smartphone Anda. 

Triknya dengan mencari kehadiran smartphone memakai IMEI. Selain itu, faksi provider dapat menolong penutupan sesaat pada piranti yang dicuri. Pencuri tidak bisa memakai barang curian itu dalam periode waktu panjang. Tempat atau kehadiran dari pencuri itu dapat dicari lewat kantor provider yang Anda pakai. 

Karena itu, telah jelas jika IMEI sangat penting hingga sedapat mungkin Anda harus mencatatnya. Dengan bekal kode IMEI di tangan, Anda bisa memberikan laporan kehilangan ke Service Center, supaya selekasnya dikerjakan penelusuran. 

3 Langkah Cek IMEI Smartphone 

1. Dial USSD 

Langkah cek IMEI pertama ialah lewat dial USSD seperti waktu Anda ingin mengecek tersisa pulsa atau paket. Anda perlu dial nomer *#06# karena itu nomer seri IMEI piranti akan selekasnya dipertunjukkan. Anda dapat tangkap monitor atau screen capture nomer IMEI yang tercantum, atau juga bisa dengan mencatat nomer itu untuk disimpan dalam tempat yang aman. 

2. Seting atau Penataan Smartphone 

Seterusnya, langkah cek IMEI yang ke-2 ialah lewat seting atau penataan di smartphone. Triknya, membuka serangkaian menu yang berada di smartphone. Pilih Seting atau Penataan bila smartphone dalam bahasa Indonesia. Lalu, gulir ke bawah sampai Anda temukan pilihan About Phone atau Mengenai Hp. 

Setelah itu, pilih Status lalu IMEI Information untuk tahu IMEI smartphone Anda. Bila smartphone Anda dibuat dengan dual kartu SIM, karena itu IMEI Anda pun akan ganda. 

3. Slot Baterei Smartphone 

Bila smartphone Anda berbentuk baterei removable alias dapat dilepaskan, Anda dapat pakai langkah cek IMEI yang ke-3 ini. Triknya dengan nonaktifkan piranti lebih dulu. Setelah itu membuka kover belakang piranti serta terlepas baterei. Nomer seri IMEI akan kelihatan pada cap slot baterei smartphone Anda. 

Tetapi, sayangnya langkah berikut cuma ditujukan pemilik smartphone dengan baterei non tanam. Masalahnyabaterei tanam membuat Anda tidak dapat melepas kover belakang smartphone hingga Anda tidak bisa lihat nomer IMEI.
Mudahnya Cek IMEI Smartphone, Berikut Caranya Mudahnya Cek IMEI Smartphone, Berikut Caranya Reviewed by dzaky on 05.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.