Tips Hentikan Rutinitas Mengomentari Diri Sendiri


Diri sendiri terkadang jadi lawan dalam selimut yang belum pernah kita sadari. Bukanlah berikan motivasi serta membakar semangat di saat susah, yang terngiang dalam kepala malah “bisikan setan” untuk mengomentari bahkan juga merendahkan diri sendiri. Hentikan gaung intimidasi itu dengan lima langkah cepat berikut ini. 

Mengomentari diri sendiri bisa, tetapi jangan terlalu berlebih 

Kritik memang baik bila maksudnya adalah untuk membuat serta melakukan perbaikan diri. Tetapi sayang, masukan yang hadir dari dalam hati malah terkadang mempunyai tujuan untuk menjelek-jelekan diri sendiri. Bahkan juga saat Anda sukses lakukan suatu, bisikan-bisikan itu tetap temukan sela untuk mengomentari diri sendiri. 

Beberapa suara itu tetap akan memperingatkan semua keburukan yang bisa berlangsung dan yang kurang dari diri Anda. Tetapi bukanlah terpacu, Anda malah makin down serta tetap diliputi oleh rasa takut tidak berhasil. 

Bila dibiarkan ini dapat mengakibatkan kerusakan mental Anda. Anda tidak bisa jadi orang yang yakin diri, menyukai diri sendiri, serta menghormati semua usaha keras yang sudah dikerjakan sampai kini. Saat kritik terus mengganggu Anda, selanjutnya ini malah dapat mengakibatkan stres dan dipakai untuk menyerang serta merusak orang. 

Untuk hentikan rutinitas senang mengomentari diri sendiri, tersebut beberapa langkah yang dapat dicoba: 

1. Meditasi 

Meditasi ialah langkah efisien untuk hentikan cenderung senang mengomentari diri sendiri. Praktik meditasi khususnya mindfulness menolong mengetahui beberapa suara negatif ini cuma hanya pemikiran saja, bukan bukti. Jadi bukannya memercayainya, Anda malah sekedar hanya mengaku serta kembalikan perhatian pada suara napas waktu meditasi. 

Memang tidak gampang lakukan meditasi mindfulness ini. Oleh karenanya, Anda butuh rajin-rajin melatihnya. Ingat meditasi yang benar ialah yang membuat Anda konsentrasi pada latihan pernafasan, yakni sadar kapan harus hirup napas, meredam, serta menghembuskannya. Meditasi bukan kosongkan pemikiran tapi malah fokus dalam satu hal. 

2. Mengasihi diri 

Tidak cuma orang yang butuh dicintai, diri Anda sendiri juga. Saat ini pikirkan saat rekan Anda sharing akan kegagalan yang ia alami, apa yang akan Anda sebutkan kepadanya? 

Jadi rekan yang baik, pasti Anda akan menyemangatinya supaya tidak susah berlarut-larut, ‘kan? Bila Anda dapat menyemangati rekan, Anda dapat juga lakukan yang sama untuk diri sendiri. Jangan biarlah diri sendiri terbenam dalam lautan kritik tajam, yang mungkin sebetulnya tidak perlu-perlu sangat. 

Alihkan konsentrasi Anda untuk coba berempati serta berdamai dengan diri sendiri. Ingat-ingat semua usaha yang sudah Anda kerjakan. Selanjutnya sebutkan pada diri jika kegagalan ialah hal yang normal serta bukan bermakna Anda bodoh ataukah tidak dapat. 

3. Tulis semuanya yang pantas disyukuri 

Waktu di kursi sekolah, apa Anda sudah pernah menulis buku harian? Bila sudah pernah, coba mulai kembali rutinitas itu saat ini. Tetapi, berfokuslah pada beberapa hal positif serta menyenangkan yang Anda alami sehari-harinya. 

Awalilah dengan tuliskan tiga hal yang membuat Anda mengucapkan syukur. Selanjutnya, kerjakan ini tiap hari. Tidak harus momen besar yang Anda tulis, tapi mulai saja dari beberapa hal simpel. 

Contohnya, tulis rasa sukur saat dapat tidur siang dengan pulas atau mengucapkan syukur waktu rekan masih mengingat hari ulang tahun Anda tanpa ada dikasih tahu oleh facebook. 

Menuliskan langsung di buku atau feature catatan pada hp saling dapat menolong mengatur pemikiran yang menyukai mengomentari diri sendiri terlalu berlebih. 

Apapun langkah yang Anda gunakan kuncinya ialah berkelanjutan. Kerjakan ini terus tiap hari supaya Anda terlatih menghormati serta menyayangi diri sendiri.
Tips Hentikan Rutinitas Mengomentari Diri Sendiri Tips Hentikan Rutinitas Mengomentari Diri Sendiri Reviewed by dzaky on 16.27 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.