Cara Lapor Pajak Online/e-Filling Dengan Menggunakan Aplikasi OnlinePajak


Sebagai warganegara yang baik tentunya akan selalu mentaati segala peraturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah, salah satunya adalah membayar pajak. Karena bagaimanapun pajak merupakan sebuah kewajiban yang harus ditunaikan oleh wajib pajak setelah menikmati berbagai fasilias publik yang disediakan oleh pemerintah. Baik itu berupa jalan raya, gedung pelayanan publik seperti rumah sakit, dan fasilitas-fasilitas publik lainnya. Atau wajib pajak tersebut sudah mendapatkan izin dari pemerintah, baik itu izin bangunan, izin usaha, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara lapor pajak tersebut? Sekarang ini lapor pajak bisa dilakukan secara online atau yang dikenal dengan istilah e-Filling pajak. 

Dengan menggunakan aplikasi OnlinePajak ini anda bisa memilih cara efilling pajak/cara lapor pajak secara online yang anda sukai. Baik itu dengan cara mengunggah file CSV SPT apapun yang anda miliki dari software e-SPT/e-Faktur DJP, atau dengan menggunakan fitur hitung pajak otomatis serta file CSV SPT PPh Pasal 21 maupun PPN secara langsung melalui aplikasi OnlinePajak secara gratis, atau dengan cara e-filling bulk upload yang merupakan sebuah fitur premium, yang artinya berbayar bagi suatu perusahaan besar yang memiliki banyak NPWP perusahaan. 

Cara Lapor Pajak Online/e-Filling Dengan Unggah CSV 

Perlu diketahui bahwa semua SPT bisa dilaporkan dengan menggunakan fitur lapor pajak online di OnlinePajak secara gratis, sepanjang memiliki file CSV. Dengan menggunakan pilihan ini memungkinkan anda untuk lapor : 
  • SPT Masa Badan 
  • SPT Tahunan Badan dan Pribadi 
  • SPT dengan semua jenis status pembayaran (nihil, kurang bayar, dan lebih bayar) 
  • SPT dengan status pembetulan 

A. Cara Lapor SPT Masa Online 

Untuk melakukan lapor SPT masa online, anda harus mempersiapkan SPT Masa serta File CSV di software e-SPT DJP serta lampiran yang dibutuhkan dalam 1 file CSV, jika ada. Selain itu, jangan lupa untuk menamakan lampiran PDF anda dengan menggunakan nama file yang sama dengan CSV anda. Langkah berikutnya, ikuti panduan cara lapor pajak online untuk SPT Masa berikut ini : 
  • Pertama-tama Daftar/Masuk Menu e-Filling OnlinePajak. Lalu pilih menu “e-Filling” 
  • Kemudian unggah CSV beserta lampirannya. Anda klik tombol “Unggah File” untuk mengunggah lampiran jika ada. Dalam hal ini, pastikan nama File CSV dan PDF anda memiliki nama yang sama. 
  • Lalu klik tombol “Lapor”. Untuk melaporkan pajak anda 
  • Setelah itu terima bukti lapor (Bukti Penerimaaan Elektronik/Nomor Tanda Terima Elektronik) yang sah dari DJP. Anda klik tombol “Lihat BPE” guna mengunduh atau mencetak Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) anda. 

B. Cara Lapor SPT Tahunan Badan Online 

Jika anda ingin lapor SPT Tahunan Badan, seperti halnya SPT Masa, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan CSV SPT Tahunan Badan pada e-SPT atau e-Form DJP Online, beserta lampiran-lampiran yang dibutuhkan dalam 1 File PDF yang bernama sama dengan File CSV-nya. Langkah berikutnya, anda ikuti panduan cara lapor pajak online untuk SPT Tahunan Badan sebagai berikut : 
  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk/daftar Menu e-Filling OnlinePajak 
  • Lalu klik tombol “+Unggah File” untuk mengunggah CSV dan PDF lampiran jika ada. Dan pastikan bahwa nama file CSV dan PDV anda memiliki nama yang sama. 
  • Kemudian pilih file CSV SPT Tahunan Badan anda, beserta lampiran anda dengan nama yang sama dengan file CSV secara bersamaan. Lalu anda klik “Open” untuk mengunggahnya. 
  • Setelah itu klik tombol “Lapor” untuk melaporkan pajak anda. 
  • Kemudian terima bukti lapor (Bukti Penerimaaan Elektronik/Nomor Tanda Terima Elektronik) yang sah dari DJP. Anda klik tombol “Lihat BPE” untuk mengunduh serta mencetak Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) anda. 
Cara Lapor Pajak Online/e-Filling Dengan Menggunakan Aplikasi OnlinePajak Cara Lapor Pajak Online/e-Filling Dengan Menggunakan Aplikasi OnlinePajak Reviewed by dzaky on 14.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.