Cara Lapor Pajak Online


Sebagai warga negara yang baik, tentu kita memiliki kewajiban untuk membayar Pajak. Di Indonesia begitu banyak jenis pajak yang harus dibayar. Dan itu tergantung dengan apa yang kita miliki atau apa pekerjaan kita. 

Pajak merupakan suatu pungutan wajib yang harus dibayar oleh masyarakat untuk negara untuk kebutuhan masyarakat serta negara. Untuk itu, sebagai warga negara yang baik tentu kita harus membayarnya. 

pajak yang dibayarkan akan dimanfaatkan untuk merawat atau memperbaiki fasilitas umum yang digunakan oleh masyarakat umum seperti jalan atau fasilitas lainnya. Namun, saat ini karena banyaknya pekerjaan atau kesibukan kita, kita sering melupakan untuk membayar atau melaporkan pajak yang harus kita bayar. 

Untuk itu, saat ini telah ada sistem e-filling yang akan memudahkannya. Berikut adalah cara lapor pajak online yang akan berguna bagi kita: 
Tahap Persiapan 

Dapatkan EFIN pajak 

Pertama, anda harus membuat EFIN pajak badan Anda terlebih dahulu di KPP tempat Anda terdaftar. EFIN yang kepanjanganya adalah Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas elektronik wajib pajak untuk melakukan e-Filing pajak. 

Setelah anda melengkapi dan mengunduh formulir EFIN berikut, Anda juga dapat mengisinya secara online, mencetaknya, dan membawanya ke KPP tempat perusahaan Anda terdaftar bersama persyaratan dokumen lainnya. Pastikan untuk memenuhi segala persyaratan agar prosesnya lebih cepat selesai 

Aktivasi EFIN pajak Anda 

Setelah EFIN anda dapatkan, aktivasi EFIN tersebut di situs DJP Online dengan mengklik link aktivasi. Selanjutnya, masukkan NPWP, EFIN, dan email Anda dan klik tautan yang dikirimkan DJP ke email Anda untuk melakukan verifikasi. Jika email belum juga diterima, klik tautan “Belum menerima link aktivasi” pada situs beranda DJP Online agar email verifikasi dikirim ulang. 

Daftarkan EFIN badan Anda di OnlinePajak 

JIka semua sudah selesai, lalu lakukan langkah selanjutnya. Pertama, masuk ke aplikasi OnlinePajak. Selanjutnya, untuk melanjutkan pilih menu “e-Filing CSV”, selanjutnya klik menu “Pengaturan”. Untuk melanjutkan, masukkan EFIN dan email Anda yang telah anda daftarkan untuk aktivasi EFIN 
Cara Lapor Pajak Online/e-Filing dengan OnlinePajak 

Cara lapor pajak Online/e-Filing dengan unggah CSV 

Setiap SPT dapat dilaporkan dengan menggunakan fitur lapor pajak online di OnlinePajak secara gratis, sselama anda memiliki file CSV. 

Pilihan ini dapat anda gunakan untuk melapor: 
  • SPT Tahunan Badan dan Pribadi 
  • SPT Masa Badan 
  • SPT dengan status pembetulan 
  • SPT dengan semua jenis status pembayaran (nihil, kurang bayar, dan lebih bayar) 

Berikut adalah langkah untuk lapor pajak online: 
  • Pertama, Pilih menu “e-Filing”. 
  • Kemudian Unggah CSV dan Lampirannya 
  • Setelah itu Klik tombol “+Unggah File” untuk mengunggah CSV dan PDF lampiran jika ada. Pastikan nama file CSV dan PDF Anda memiliki nama yang sama dan klik tombol lapor 
  • Langkah selanjutnya adalah untuk menerima bukti lapor (Bukti Penerimaan Elektronik/Nomor Tanda Terima Elektronik) yang sah dari DJP. Carabya adalah dengan klik tombol “Lihat BPE” untuk mengunduh maupun mencetak Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) Anda. 

Demikian adalah dalah satu cara beserta langkah yang bisa anda gunakan untuk lapor pajak online. Selalu ingat untuk membayar pajak, karena jika anda lupa mungkin saja anda akan mendapat denda atau harus membayar pajak dalam jumlah yang lebih banyak. Jika anda sibuk, untuk menghindari lupa dan denda, sebaiknya anda mencoba cara lapor pajak online. 
Cara Lapor Pajak Online Cara Lapor Pajak Online Reviewed by dzaky on 15.34 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.