Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

Klaim-Asuransi-Kesehatan-Ditolak-Bisa-Jadi-Ini-5-Penyebabnya

Menggunakan layanan perlindungan kesehatan sejak dini tentu akan menguntungkan. Di kemudian hari, Anda tidak perlu repot mengeluarkan budget dalam jumlah yang banyak karena ada biaya tanggungan yang diberikan. Asuransi kesehatan kini sudah tidak asing lagi, bahkan tidak sedikit yang sudah menggunakan layanan ini, baik itu asuransi rawat inap maupun rawat jalan.

Meskipun menguntungkan, asuransi kesehatan juga bisa merugikan jika pengajuan klaim Anda tiba-tiba ditolak. Adapun beberapa penyebabnya, yaitu seperti ulasan di bawah ini. 

1. Klaim Tidak Termasuk dalam Polis Asuransi

Saat mendaftar asuransi, Anda diminta untuk memahami isi polis yang berisi sejumlah kesepakatan dan peraturan. Jika pengajuan klaim Anda tidak sesuai dengan isi polis tersebut, maka pihak asuransi akan otomatis menolaknya.

2. Pengajuan Melewati Batas Waktu

Penyebab lainnya adalah pengajuan klaim yang melebihi batas waktu. Ini tentu saja menjadi masalah karena tidak sesuai dengan kesepakatan yang tercantum pada polis. Setiap perusahaan memberlakukan batas waktu yang berbeda-beda, biasanya berkisar antara 30-60 hari pengobatan.

3. Persyaratan Dokumen yang Tidak Lengkap

Dokumen pengajuan klaim asuransi rawat inap yang tidak lengkap akan otomatis ditolak oleh pihak asuransi. Untuk itu, pastikan dokumen-dokumen seperti kwitansi pembayaran dan surat keterangan dokter yang meliputi nama pasien, nama dokter, jenis penyakit, jenis obat, surat pengantar dokter, dan tanggal berobat, sudah disiapkan.

4. Tidak Jujur dengan Riwayat Penyakit

Ketidakjujuran dalam memberikan informasi riwayat penyakit akan menyebabkan penolakan klaim secara otomatis. Pastikan Anda jujur saat mengisi formulir pendaftaran asuransi agar tidak Anda bisa mendapatkan biaya pertanggungan kesehatan di kemudian hari.

5. Polis Asuransi yang Tidak Aktif

Setiap perusahaan asuransi memberlakukan jangka waktu pembayaran premi yang tidak sama. Oleh karena itu, jika Anda telat melakukan pembayaran, polis asuransi akan otomatis tidak aktif sampai Anda melunasi tunggakannya.

Itulah lima alasan mengapa klaim asuransi kesehatan sering ditolak. Saat ini, asuransi AXA menawarkan Hospital Plus Life untuk asuransi rawat inap. Saat ini, berbagai penyakit terus berdatangan, sehingga memiliki asuransi yang satu ini merupakan langkah yang tepat.
Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya Reviewed by dzaky on 17.14 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.