Cara Mudah Membuat Buku Keuangan Untuk Usaha Kecil

Cara-Mudah-Membuat-Buku-Keuangan-Untuk-Usaha-Kecil

Buku warung berisi tentang pembukuan keuangan yang terjadi di sebuah perusahaan baik dalam skala besar maupun skala kecil. Namun sayangnya dalam usaha skala kecil banyak yang masih mengenyampingkan pembuatan laporan keuangan.

Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, bai karena pembuatannya yang rumit atau karena lebih fokus terhadap laba yang diperoleh perusahaan. Terkadang dalam usaha skala kecil seperti warung atau toko akan menganggap buku keuangan sebagai satu tahap yang tidak perlu dilakukan.

Padahal usaha seperti warung makan, toko kelontong dan usaha kecil lainnya juga perlu membuat pencatatan sederhana tentang transaksi keuangan yang terjadi dalam satu hari. Lalu bagaimana cara membuat laporan keuangan sederhana untuk warung dan toko kecil?

Cara Membuat Buku Keuangan Sederhana

Membuat Catatan Pengeluaran
Saat awal membuka warung atau menjalankan usaha, pastikan anda membuat buku khusus dan terpisah untuk mencatat berbagai pengeluaran. Setiap pengeluaran atau belanja mulai dari berbelanja barang dagangan, membeli perabotan warung dan lain sebagainya.

Jika anda menggunakan karyawan, jangan lupa juga mencatat pengeluaran untuk menggaji karyawan secara kontinyu dan jelas. Dengan mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan bisa membantu anda mengetahui berapa jumlah modal usaha yang anda keluarkan.

Setelah mengetahui berapa modal yang anda keluarkan untuk membuka warung atau menjalankan usaha, anda bisa lebih mudah untuk menetapkan target dan rencana. Target dan perencanaan tersebut tentu termotivasi dengan melihat catatan banyaknya pengeluaran yang sudah anda keluarkan.

Membuat Buku Catatan Pemasukan
Buku kas pemasukan dalam buku warung berfungsi untuk mencatat setiap transaksi yang berhubungan dengan pemasukan. Misalnya dalam jumlah penjualan produk yang berhasil didapatkan perhari ataupun piutang yang telah dibayarkan.

Pencatatan transaksi pemasukan harus dilakukan secara kontinyu setiap harinya untuk mempermudah dalam membuat pembukuan bulanan. Dengan buku ini anda bisa mengetahui jumlah keuntungan yang diperoleh dalam satu hari hingga satu bulan.

Membuat Buku Kas Utama
Buku kas utama nantinya bisa anda gunakan untuk menggabungkan transaksi yang terjadi antara buku pemasukan dan buku pengeluaran. Dengan buku ini anda bisa melihat secara detail berapa jumlah keuntungan dan kerugian perusahaan.

Membuat Buku Stok Barang
Bagi anda yang menjalankan bisnis warung, buku ini sangat penting untuk melihat stok barang yang masih tersedia. Anda bisa melihat apa saja yang harus dibeli saat berbelanja dengan melihat pada buku catatan stok barang.

Setidaknya dengan keempat buku tersebut anda bisa mengatur keuangan dengan baik. Untuk mempermudah proses tersebut anda bisa menggunakan bantuan aplikasi BukuKas yang menyediakan berbagai fitur pencatatan keuangan.

Membuat buku warung dengan aplikasi ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat meskipun tanpa bantuan karyawan. Untuk itu, aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang baru memulai usaha toko atau warung. Salah satu tahap mengelola keuangan yang tadinya dianggap rumit bisa menjadi mudah dengan aplikasi BukuKas.
Cara Mudah Membuat Buku Keuangan Untuk Usaha Kecil Cara Mudah Membuat Buku Keuangan Untuk Usaha Kecil Reviewed by dzaky on 19.24 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.